Cari Blog Ini

Sabtu, 19 Maret 2011

model siklus belajar

Model Siklus belajar
Pengertian Model Siklus belajar (Learning Cycle)       
            Siklus Belajar (Learning Cycle) atau dalam penulisan ini disingkat LC adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada pembelajar (student centered). Model Siklus Belajar merupakan model pembelajaran yang yang memiliki fase-fase dalam pembelajarannya. Adapun ke 5 Fase tersebut meliputi yaitu pendahuluan (Engagement), eksporasi (Exploration), penjelasan (Explanation), penerapan konsep (Elaboration) dan evaluasi (Evaluation).
Fase-fase Siklus Belajar (Learning Cycle)
a. Fase Pendahuluan (Engagement)
            Kegiatan pada fase ini bertujuan untuk mendapatkan perhatian siswa, mendorong kemampuan berpikir, membantu mereka mengakses pengetahuan awal yang telah dimilikinya. Timbulnya rasa ingin tahu siswa tentang tema atau topik yang akan dipelajari dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa tentang fakta/fenomena yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari. Misalnya dalam mempelajari “Alat Percernaan Manusia” guru dapat mulai dengan pertanyaan: “Bagaimanakah makanan yang kita makan dapat sampai ke perut?”

b. Fase Eksplorasi (Exploration)
            Pada fase ini siswa diberi kesempatan untuk bekerja baik secara mandiri maupun kelompok tanpa instruksi secara langsung dari guru. Siswa bekerja memanipulasi suatu objek, melakukan percobaan (secara ilmiah), melakukan pengamatan, mengumpulkan data, sampai pada membuat suatu kesimpulan dari percobaan yang dilakukan. Guru sebagai fasilitator membantu siswa agar bekerja pada ruang lingkup permasalahan (hipotesis yang dibuat sebelumnya).
c. Fase Penjelasan (Explanation)
            Kegiatan pada fase ini bertujuan untuk melengkapi, menyempurnakan, dan mengembangkan konsep yang diperoleh siswa. Guru menjelaskan konsep yang dipahaminya dengan kata-katanya sendiri, menunjukkan contoh-contoh yang berhubungan dengan konsep untuk melengkapi penjelasannya, serta bisa memperkenalkan istilah-istilah baru yang belum diketahui siswa. Pada kegiatan yang berhubungan dengan percobaan, guru dapat memperdalam hubungan antar variable atau kesimpulan yang diperoleh siswa. Sehingga siswa dapat meningkatkan pemahaman konsep yang baru diperolehnya.
d. Fase Penerapan Konsep (Elaboration)
            Kegiatan belajar ini mengarahkan siswa menerapkan konsep-konsep yang telah dipahami dan keterampilan yang dimiliki pada situasi baru. Kegiatan fase ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang apa yang telah mereka ketahui, sehingga siswa dapat melakukan akomodasi melalui hubungan antar konsep dan pemahaman siswa menjadi lebih mantap.
e. Fase Evaluasi (Evaluation)
            Ada dua hal ingin diketahui pada kegiatan belajar ini yaitu pengalaman belajar yang telah diperoleh siswa dan refleksi untuk melakukan siklus lebih lanjut yaitu untuk pembelajaran pada konsep berikutnya. Model siklus belajar ini merupakan salah satu model pembelajaran yang mengembangkan potensi pada anak yang didapatnya pada kehidupan sehari-hari.

1 komentar: