Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Januari 2012

Teori Belajar Jerome S. Bruner

Teori Belajar Jerome S. Bruner
Jerome S. Bruner adalah seorang ahli psikologi kognitif. Bruner telah       menulis teori belajar pada umumnya, dan secara khusus tentang bagaimana keyakinan Bruner terhadap anak-anak yang belajar matematika. Metode yang sangat didukung oleh bruner adalah metode belajar dengan penemuan, dengan metode ini anak         didorong memahami suatu hubungan matematika yang belum dipahami sebelumnya, dan yang belum diberikan kepadanya secara langsung oleh orang lain.
Menurut Bruner, penemuan melibatkan kegiatan mengorganisasikan kembali materi pelajaran yang telah dikuasai siswa. Kegiatan ini berguna bagi siswa tersebut untuk menemukan suatu pola atau "keteraturan" yang bersifat umum terhadap situasi atau masalah baru yang sedang dihadapinya. Bruner yakin bahwa dalam mempelajari matematika seorang anak perlu sacara langsung menggunakan bahan-bahan            manipulatif. Bahan-bahan manipulatif marupakan banda konkret yang dirancang   khusus dan dapat diotak-atik oleh siswa dalam berusaha untuk memahami suatu    konsep matematika. Adanya interaksi antara siswa dengan lingkungan fisik ini akan memberikan kesempatan baginya untuk melaksanakan penemuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar