Teori Belajar Jerome S. Bruner
Jerome S. Bruner adalah seorang ahli psikologi kognitif. Bruner telah
menulis teori belajar pada umumnya,
dan secara khusus tentang bagaimana keyakinan Bruner terhadap anak-anak yang
belajar matematika. Metode yang sangat didukung oleh bruner adalah metode
belajar dengan penemuan, dengan metode ini anak didorong memahami suatu hubungan
matematika yang belum dipahami sebelumnya, dan yang belum diberikan kepadanya
secara langsung oleh orang lain.
Menurut Bruner, penemuan melibatkan kegiatan mengorganisasikan
kembali materi pelajaran yang telah dikuasai siswa. Kegiatan ini berguna bagi
siswa tersebut untuk menemukan suatu pola atau "keteraturan" yang
bersifat umum terhadap situasi atau masalah baru yang sedang dihadapinya.
Bruner yakin bahwa dalam mempelajari matematika seorang anak perlu sacara
langsung menggunakan bahan-bahan manipulatif. Bahan-bahan manipulatif
marupakan banda konkret yang dirancang khusus
dan dapat diotak-atik oleh siswa dalam berusaha untuk memahami suatu konsep matematika. Adanya interaksi antara
siswa dengan lingkungan fisik ini akan memberikan kesempatan baginya untuk
melaksanakan penemuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar