Prosedur
Penelitian
Penelitian tindakan
kelas merupakan penelitian yang bersifat partisifatif, adapun
langkah-langkahnya seperti yang dikembangkan oleh Hobkins terdiri dari empat
tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi (dalam Suwarsih, 2004: 17).
- Pada tahap perencanaan, peneliti menentukan topik-topik yang akan dibahas diruangan yang kemudian diamati dan diteliti serta menentukan waktu melaksanakan penelitian tersebut.
- Tahap Tindakan, peneliti memberikan materi pelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah disusun.
- Tahap pengamatan, fokus observasinya adalah mengenai proses dan tindakan (aktivitas), serta kendala-kendala yang muncul dilapangan saat pembelajaran berlangsung, baik yang timbul dari faktor guru, faktor siswa secara individual, maupun iklim situasi sosial kelas secara keseluruhan.
4. Tahap Refleksi, peneliti mengkaji kembali untuk melihat kekurangan dan
kelebihan dari hasil tindakan, sekaligus memeriksa ulang, jika terjadi kemajuan
harus dipertahankan, namun jika terjadi kekurangan, maka model pembelajaran ini
harus direvisi atau bahkan diubah sama sekali untuk pelaksanaan tindakan
selanjutnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar