Hakikat Pembelajaran Matematika Menurut
Teori Belajar Bruner
Dalam kaitanyan dengan pengalaman fisik,
Bruner mengemukakan tiga tahap sajian benda yaitu Tahap Enaktif, Tahap Ikonik
dan Tahap Simbolik.
Ketiga tahap tersebut akan di uraikan sebagai
berikut :
1. Tahap Enaktif atau tahap kegiatan (Enactive)
Tahap pertama
anak belajar konsep adalah berhubungan dengan benda-benda real atau mengalami
peristiwa didunia sekitarnya. Pada tahap ini anak masih dalam gerak Refleks dan
coba-coba, mengutak-atik dan bentuk-bentuk gerak lainnya.
2.
Tahap
Ikonik atau tahap gambar bayangan (Iconic)
Pada tahap ini
anak telah mengubah, menandai dan menyimpan peristiwa atau benda dalam bentuk
bayangan mental. Dengan kata lain anak dapat membayangkan kembali atau
memberikan gambaran dalam pikirannya tentang benda atau peristiwa yang dialami
atau yang dikenalnya pada tahap enaktif, walaupun peristiwa itu telah berlalu
atau benda real itu tidak lagi berada dihadapannya.
3.
Tahap
Simbolik (Symbolik)
Pada tahap terakhir ini anak dapat
menggunakan bayangan mental tersebut dalam bentuk simbol dan bahasa. Apabila ia
berjumpa dengan suatu simbol, maka bayangan mental yang ditandai oleh simbol
itu akan dapat di kenalnya kembali. Pada tahap ini anak sudah memahami
simbol-simbol dan menjelaskan dengan bahasanya.
Pada proses pembelajaran matematika perlu
diterapkan ketiga tahapan di atas, karena menurut Bruner, sistem enaktif,
sistem ikonik dan sistem simbolik merupakan suatu media pembelajaran untuk
memperlancar proses belajar anak didik. (Murniati, 2007 : 20).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar