Cari Blog Ini

Sabtu, 07 Januari 2012

Hakikat Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Bruner


Hakikat Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Bruner
Dalam kaitanyan dengan pengalaman fisik, Bruner mengemukakan tiga tahap sajian benda yaitu Tahap Enaktif, Tahap Ikonik dan Tahap Simbolik.

 
Ketiga tahap tersebut akan di uraikan sebagai berikut :
1.   Tahap Enaktif atau tahap kegiatan (Enactive)
Tahap pertama anak belajar konsep adalah berhubungan dengan benda-benda real atau mengalami peristiwa didunia sekitarnya. Pada tahap ini anak masih dalam gerak Refleks dan coba-coba, mengutak-atik dan bentuk-bentuk gerak lainnya.
2.      Tahap Ikonik atau tahap gambar bayangan (Iconic)
Pada tahap ini anak telah mengubah, menandai dan menyimpan peristiwa atau benda dalam bentuk bayangan mental. Dengan kata lain anak dapat membayangkan kembali atau memberikan gambaran dalam pikirannya tentang benda atau peristiwa yang dialami atau yang dikenalnya pada tahap enaktif, walaupun peristiwa itu telah berlalu atau benda real itu tidak lagi berada dihadapannya.
3.      Tahap Simbolik (Symbolik)
Pada tahap terakhir ini anak dapat menggunakan bayangan mental tersebut dalam bentuk simbol dan bahasa. Apabila ia berjumpa dengan suatu simbol, maka bayangan mental yang ditandai oleh simbol itu akan dapat di kenalnya kembali. Pada tahap ini anak sudah memahami simbol-simbol dan menjelaskan dengan bahasanya.
Pada proses pembelajaran matematika perlu diterapkan ketiga tahapan di atas, karena menurut Bruner, sistem enaktif, sistem ikonik dan sistem simbolik merupakan suatu media pembelajaran untuk memperlancar proses belajar anak didik. (Murniati, 2007 : 20).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar