Cari Blog Ini

Sabtu, 09 April 2011

teknik analisis data penelitian

Teknik Analisis Data
Tahap analisis data merupakan tahap yang penting dalam suatu penelitian, karena pada tahap ini hasil penelitian dapat dirumuskan. Setelah semua data terkumpul maka dideskripsikan dan dianalisis sebagai berikut:
a.      Analisis data hasil observasi
Analisis data hasil observasi digunakan untuk melihat aktivitas guru. Datanya dianalisis dengan menggunakan analisis prosentase. Skor yang diperoleh masing-masing indikator dijumlahkan dan hasilnya disebut jumlah skor. Selanjutnya dihitung prosentase rata-rata dengan cara membagi jumlah skor dengan skor maksimal yang dikalikan 100%, yaitu sebagai berikut.

Persentase nilai rata-rata(NR)= jumlah skor x 100%
                                                         Skor maksimal
Menurut Mukhlis (dalam Hadi, 2003:71) untuk menentukan taraf keberhasilan tindakan dapat ditentukan dengan kriteria sebagai berikut.
75%<NR< 100%     :sangat baik
50%<NR< 75%       : baik
25%<NR< 50%       :cukup
0%<NR< 25%         :kurangbaik

b.      Analisis data ketuntasan hasil belajar
Menentukan efektifitas pembelajaran digunakan analisis data hasil belajar siswa secara deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan ketuntasan hasil belajar siswa. Menurut Mukhlis (dalam Rozanna, 2008:28), seorang siswa dikatakan tuntas belajar bila memiliki daya serap paling sedikit 65 %. Sedangkan ketuntasan belajar secara klasikal tercapai bila paling sedikit 85 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa dikatakan tuntas belajar secara individu bila memiliki daya serap 65%. Sedangkan suatu kelas dikatakan tuntas belajar secara klasikal apabila pencapaian  85 %.

1 komentar:

  1. makasih infonya..sangat membetu..mampir diblog saya juga
    http://imelyoshidaasmi.blogspot.com/

    BalasHapus